Alhamdulillah, kehamilan saya sekarang sudah menginjak trimester II tepatnya di usia kandungan 26 minggu. Setelah disemester pertama saya terkena maag dan susah makan, sekarang keluhan kehamilan disemester ini pun bertambah. Tetapi, apapun keluhannya jangan sampai dianggap berat, karena inilah indahnya menjadi bumil. Alhamdulillah. Berikut keluhan-keluhan yang saya alami selama ditrimesterII (sekali lagi jangan dianggap sebagai keluhan, dibuat enjoy aja bunda) dan cara mengatasinya:

1. Sering pipis

Kondisi ini sudah mulai dialami sejak semester I. kondisi ini akan semakin sering dialami pada semester III nanti. Karena bumil perlu banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga cairan tubuh karena semakin meningkatnya metabolisme. Jalani dengan sabar karena buang air kecil memang harus dilakukan, jangan ditahan atau mengurangi konsumsi air minum, karena justru bumil harus banyak minum air putih.

2. Kaki dan tangan sakit saat bangun tidur atau saat dikepalkan

Saya sudah konsul ke dokter kandungan saya bahwa kondisi tersebut lumrah untuk bumil, dan akan hilang setelah melahirkan. Cukup banyak istirahat saja dan olahraga ringan agar otot tidak kaku.

3. Kegerahan

Saya mulai merasa kegerahan dan sering berkeringat sejak trimester II. Biasanya selepas pukul 12.00 hingga pukul 24.00 saya masih merasa kegerahan. Hal ini terjadi karena semakin tinggi metabolisme yang terjadi sehingga kalori atau energi yang dilepaskan semakin meningkat pula. Cara mengatasinya adalah dengan memakai pakaian yang dapat menyerap keringat, menjaga sirkulasi udara dengan baik, dan perbanyak minum air putih.

4. Sulit tidur

Keluhan yang mulai saat ini juga sering terjadi pada saya. Hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang kegerahan, juga karena semakin besar perut sehingga tidak sembarang posisi tidur dapat memberikan kenyamanan saat kita tidur. Hal ini dapat diatasi dengan tidur posisi miring kekiri dengan kaki dan perut diganjal dengan bantal. Selain itu juga ganjal bagian belakang tubuh dengan bantal agar posisi tubuh tetap miring. Jangan tidur terlentang karena akan membuat sesak dan menghambat aliran darah ke janin.

Masih banyak keluhan lainnya yang mungkin bumil lain rasakan. Hanya saja pesan saya jangan dianggap sebagai beban, tetaplah dibuat enjoy karena segala perjuangan kita saat hamil akan memberikan hasil yang indah nantinya dengan kehadiran buah hati kita. Tetap semangat!!!!